Bagikian Artikel ini

Jumat, 17 Desember 2010

BAIK

Dalam konteks bahasa arab, kata baik setidaknya disebutkan dengan 6 istilah, yaitu :


  1. Al-Hasanah : Al-Hasanah sebagaimana dikemukakan oleh Ar-Raghib Al-Asfahani ( 2008 : 133 ) adalah suatu istilah yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang disukai atau dipandang baik. Selanjutnya beliau membagi hasanah itu kepada 3 bagian, yaitu dari segi akal, hawa nafsu dan panca indera. Yang termasuk hasanah misalnya keuntungan, kelapangan rezeki dan kemenangan.
  2. Ath-Thoyyibah : Ar-Raghib ( 2008 : 349 ) menjelaskan bahwa ath-thoyyibah itu khusus  digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memberi kelezatan kepada panca indera dan jiwa, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dsb.
  3. Khairan : Ar-Raghib ( 2008 : 181 ) juga menjelaskan bahwa khairan itu digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang baik oleh seluruh umat manusia, seperti berakal, adil, keutamaan, dan segala sesuatu yang bermanfaat.
  4. Karimah : Ar-Raghib ( 2008 : 79 ) menerangkan bahwa karimah digunakan untuk menunjukkan pada perbuatan dan akhlaq yang terpuji yang ditampakkan dalam kenyataan hidup sehari-hari.
  5. Mahmudah : Ar-Raghib ( 2008 : 147 ) Mengemukakan bahwa mahmudah digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang utama sebagai akibat dari melakukan sesuatu yang disukai Allah SWT.
  6. Al-Birru : Ar-Raghib ( 2008 : 50 ) juga menjelaskan bahwa al-birru digunakan untuk menunjukkan pada upaya memperluas atau memperbanyak melakukan perbuatan yang baik. Kata tersebut terkadang digunakan sebagai sifat Allah, maka maksudnya adalah bahwa Allah memberikan balasan pahala yang besar, dan jika digunakan untuk manusia, maka yang dimaksud adalah keta'atannya.
Sumber : Sebuah Artikel tanpa pengarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar